Wednesday, October 30, 2013

10 masjid terbesar di dunia tahun 2013

10 masjid terbesar di dunia tahun 2013 – sudah update 10 masjid terbesar di dunia tahun 2013 belum? Jika belum, lucuunik-aneh.blogspot.com akan memberikan foto-foto 10 masjid terbesar di dunia tahun 2013. Berikut ulasan serta foto tentang 10 masjid terbesar di dunia tahun 2013.

10 masjid terbesar di dunia tahun 2013

Masjid merupakan tempat suci yang digunakan oleh umat Isalm untuk melakukan ibadah (khususnya Shalat) kepada Allah Swt. Dari waktu ke waktu selalu didirikan masjid, baik berukuran besar atau kecil. Namun, tahukah anda masjid terbesar di dunia? Ya benar masjid terbesar di dunia adalah Masjidil Haram yang terletak di Arab Saudi. Berhubungan dengan masjid terbesar di dunia. Saya akan menginformasikan anda tentang 10 masjid terbesar di dunia. Langsung saja ya,

10. Masjid Baitul Mukharam (Bangladesh)

Masjid Baitul Mukharam (Bangladesh)

Masjid Baitul Mukharam terletak di Negara Bangladesh, lebih tepatnya di ibu kota negara tersebut, yakni di Kota Dhaka. Masjid yang didirikan pada tahun 1960 ini selalau penuh sesak terutama pada waktu Shalat utama dan pada bulan suci Ramadhan. Sedangkan untuk kapasitas, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 30.000 jamaah. Namun masjid ini mendapat perluasan sehingga bisa menampung lebih banyak jamaah lagi, yakni bisa sampai 40.000.

9. Masjid Jami' Dehli (India)

Masjid Jami' Dehli (India)

Masjid yang terletak di kota New Delhi, lebih terkenal dengan nama Masjid Jami’ Delhi, merupakan salah satu masjid tua yang ada di India. Masjid ini dibangun oleh orang yang mendirikan Taj Mahal, yakni Kaisar Mughal Shah Jahan. Masjid ini selesai dibangun tahun 1656. Masjid ini dapat menampung jamaah sebanyak 35.000 jamaah. Masjid ini menyimpan relik, salah satunya salinan Alquran antik yang ditulis di kulit rusa.

8. Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab)

Masjid yang satu ini merupakan masjid terbesar di negaranya, yakni Uni Emirat Arab. Masjid ini dinamai sesuai dengan pendirinya, Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan yang sekaligus merupakan presiden pertama Uni Emirat Arab. Masjid ini resmi dibuka pada bulan suci Ramadhan tahun 2007. Di masjid ini terdapat makam pendirinya. Soal kapasitas, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 40.000 jamaah.

7. Masjid Badshahi (Pakistan)

Masjid Badshahi (Pakistan)

Masjid Badshahi atau Masjid Kaisar mampu menampung sebanyak 100.000 jamaah dan merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan dan di Asia Selatan setelah Masjid Faisal. Masjid yang terletak di kota Lahore ini pernah menyandang sebagai masjid terbesar di dunia selama kurun waktu 313 tahun yakni dari tahun 1673 sampai tahun 1986. Selain menjadi salah satu masjid terbesar di dunia saat ini, masjid ini juga memiliki halaman masjid yang merupakan halaman masjid terbesar di dunia.

6. Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid Faisal (Pakistan)

Masjid Faisal, terletak di Islamabad yakni ibu kota dari negara Pakistan. Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Pakistan dan di Asia Selatan. Masjid yang pernah manyandang predikat sebagai masjid terbesar di dunia pada tahun 1986-1993, memiliki empat menara yang masing-masing tinggianya mencapai 80 meter dan diameter 10 meter. Sehingga menjadikan menara tersebut menjadi menara tertinggi di Asia Selatan. Nama Faisal diambil dari nama Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdul Aziz. Dia juga orang yang mendukung dan membiayai proyek pembangunan masjid. Untuk kapasitas, masjid Faisal dapat menmpung jamaah sebanyak 300.000 jamaah.

5. Masjid Hassan II (Maroko)

Masjid Hassan II (Maroko)

Masjid ini terletak di kota Casablanca, Maroko. Dirancang oleh arsitek Prancis Michel Pinseau dan didirikan oleh Bouygues. Berdiri di sebuah tanjung yang menghadap ke Samudra Atlantik dan dapat dilihat melalui lantai kaca raksasa. Masjid ini memiliki kelebihan, yakni menara masjid yang merupakan menara masjid tertinggi di dunia, setinggi 210 m.

4. Masjid Istiqlal (Indonesia)

Masjid Istiqlal (Indonesia)

Masjid istiqlal memiliki nama yang berasal dari Bahasa Arab yang artinya Kemerdekaan. Terletak di ibu kota negara Indonesia, Jakarta. Masjid ini dibangun pada era orde lama saat pemerintahan Presiden Soekarno. Selain terbesar di Indonesia juga menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Walaupun banyak masjid-masjid baru bermunculan di wilayah Asia Tenggara, tetapi belum bisa menandingi kebesaran Masjid Istiqlal ini. Masjid ini dibangun untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kemerdekaannya yang diraih Indonesia dalam melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

3. Masjid Muhammad Ali Pasha (Mesir)

Masjid Muhammad Ali Pasha (Mesir)

Masjid yang memiliki nama lain Masjid Alabaster ini dibangun antara tahun 1830 dan 1848 dan dinamai berdasarkan nama pendirinya, Muhammad Ali Pasha. Terletak di kota Kairo, dan jika ketika mendekati kota Kairo dari sisi mana pun, fitur yang pertama yang terlihat oleh mata kita ialah masjid ini. Pembangunan masjid ini memiliki maksud untuk mengenang putra tertua Muhammad Ali Pasha, yaitu Tusun Pasha yang meninggal pada tahun 1816.

2. Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Masjid Nabawi (Arab Saudi)

Masjid Nabawi, menduduki peringkat kedua sebagai masjid terbesar di dunia. Terletak di kota Madinah, dan merupakan tempat peristirahatan terakhir baginda Nabi Muhammad Saw. Di masjid ini terdapat fitur terkenal, ialah Kubah Hijau yang merupakan tempat makam Nabi Muhammad Saw. Tidak pasti kapan Kubah Hijau tersebut dibangun, namun naskah menanggalkan sekitar pada awal abad ke-12. Masjid ini juga berfungsi sebagai pengadilan, sekolah agama, dan sebagai pusat kegiatan masyarakat. Sedangkan pada musim haji, masjid ini bisa menampung jamaah sebanyak 1 juta jamaah yang datang dari suluruh penjuru dunia.

1. Masjidil Haram (Arab Saudi)

Masjidil Haram (Arab Saudi)

Masjidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia yang di tengah-tengahnya terdapat bangunan Ka’bah. Bangunan Ka’bah tersebut menjadi kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia dalam melaksanakan Shalat. Masjid yang terletak di kota Mekah, Arab Saudi, memiliki luas sekitar 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar). Pada musim haji, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 4 juta jemaah yang datang dari seluruh penjuru dunia. Masjid yang tidak perah sepi selama 24 jam ini selalu ada umat Islam yang melakukan ibadah di dalamnya, baik itu Shalat atau Tawaf.

Semoga dengan mengetahui 10 masjid terbesar di dunia, bisa menambah iman para pembaca muslim. Semoga membuat kita semakin rajin dalam beribadah kepada Allah Awt, Amin. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

0 komentar: