Monday, March 4, 2013

Fenomena Langka, Air Terjun Horizontal di Australia

Foto: Fenomena Langka, Air Terjun Horizontal di Australia - Biasanya aliran air terjun adalah vertikal, dimana arus air mengalir dari atas ke bawah. Namun anda akan tercengang ketika melihat aliran air di Teluk Talbot yang berada di Australia Barat. Aliran air di Teluk Talbot ini disebut dengan “Horizontal Falls” (air terjun horizontal) yang mengalir mendatar. Dan hebatnya lagi, tidak hanya mendatar saja, tetapi juga arusnya bolak-balik.
Lantas, kok bisa? Peristiwa ini sebenarnya terbentuk karena derasnya air yang keluar dari sela-sela tebing. Tebing tersebut membelah lautan. Dari sisi lautan yang satu (sebelah kanan), air akan meluncur deras ke sisi di seberangnya (sebelah kiri).

Salah satu keajaiban alam di dunia
Aliran airnya dapat mengalir secara horisontal dan bolak-balik karena adanya perbedaan pasang surut air laut. Bila air laut di sebelah kanan sedang pasang, maka air laut di sebelah kiri sedang surut. Uniknya lagi, proses ini juga dapat terjadi kebalikannya. Tidak jarang jika di pagi hari air mengalir dari kanan ke kiri, kemudian sorenya air yang mengalir dari kiri ke kanan.

Aliran air horisontal di Teluk Talbot
Proses peralihan air ini terjadi secara kontinu atau terus-menerus. Hal inilah yang membuat aliran airnya terlihat seperti sebuah air terjun yang mengalir bolak-balik. Jika biasanya air terjun memiliki ketinggian tertentu, air terjun Horizontal ini hanya punya lebar saja. Untuk bisa mengalir ke sebelah kiri, air di lautan sebelah kanan harus melewati jarak sejauh 300 meter terlebih dahulu.

Air terjun fenomenal dengan arus horizontal
Pemandangan langka ini tentu saja mengundang perhatian banyak pelancong. Berkat keunikan aliran air ini, air terjun Horisontal ini mendapat julukan sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di dunia. Apakah anda juga ingin menyaksikannya secara langsung dengan berkunjung ke Air Terjun Horisontal di Teluk Talbot?.(*)/jadiberita.com

0 komentar: