Friday, February 22, 2013

3 Tips, Cara menghadapi kritik pedas

3 Tips, Cara menghadapi kritik pedas – Pernahkah anda dikritik pedas oleh atasan maupun teman anda? Berikut ini ada beberapa cara untuk menghadapi kritikan teman kerja yang sangat pedas. Semua orang tak lepas dari kritik, baik kritik yang halus, profesional, hingga kritik yang pedas sekalipun. Menghadapi kritik yang objektif dan konstruktif tentu hal yang mudah. Namun menghadapi kritik yang pedas dan terdengar tidak adil bisa jadi bukan hal yang mudah.
Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan ketika menerima kritik yang pedas dan kasar, seperti dilansir oleh Times of India.


Cara menghadapi kritik pedas

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengabaikannya. Terutama jika kritikan yang sama dilontarkan oleh orang yang sama juga, secara terus-menerus. Tak semua kritik harus didengarkan dan dilakukan. Pilih kritik yang membangun. Jika orang tersebut tampaknya senang melontarkan kritik pedas tanpa alasan, sebaiknya Anda mulai memikirkan untuk menjauhinya. Orang yang benar-benar ingin memberikan kritik membangun tak akan berusaha menjatuhkan Anda.
2. Jika seseorang melontarkan kritik berisi hinaan, cobalah untuk tidak terpancing emosi. Selain itu, jangan terlihat membela diri. Ketika Anda membela diri, Anda akan terlihat peduli pada cemoohannya dan Anda merasa dirugikan oleh kata-katanya. Jangan hiraukan hinaan yang ada dalam kritikannya. Sebisa mungkin ambil saripati kritikan yang bisa Anda gunakan.
3. Dalam beberapa kasus, mengabaikan kritikan bisa memberikan dampak buruk. Sementara Anda ingin menghindari konflik, kemungkinan besar mereka akan terus mengganggu Anda. Jadi jika seseorang selalu melontarkan kritik tajam pada Anda, disertai hinaan, dan tanpa alasan yang masuk akal, cobalah bertanya langsung padanya. Tanyakan apa sebenarnya dia memiliki masalah pada Anda.
Jangan gentar ketika seseorang melontarkan kritik yang pedas. Selama kritikan mereka objektif, beralasan, dan bermanfaat bagi Anda, berterima kasihlah. Namun jika kritikan mereka tanpa dasar dan cenderung ingin menjatuhkan Anda, sebaiknya atasi dengan cara-cara di atas. Silahkan artikel terkait yaitu :

tips, Cara menghidupkan kembali rasa cinta pada pekerjaan



3 Tips, Cara menghadapi kritik pedas

0 komentar: