Friday, January 25, 2013

Kumpulan Foto Haboob atau Badai Pasir

Kumpulan Foto Haboob atau Badai Pasir - Haboob adalah jenis badai debu intens yang dilakukan oleh arus gravitasi atmosfer. Haboobs biasa terjadi di daerah kering di seluruh dunia.

Mereka telah teramati di gurun Sahara (biasanya Sudan, di mana mereka diberi nama dan digambarkan), serta di seluruh Jazirah Arab, seluruh Kuwait, dan di daerah yang paling kering di Irak. Haboob Afrika adalah hasil dari pergeseran musim panas utara dari front inter-tropical ke Afrika Utara, membawa kelembaban dari Teluk Guinea. Haboob di Semenanjung Arab, Irak, Kuwait, dan Amerika Utara sering disebabkan oleh kolapsnya badai, sementara haboobs di Australia mungkin sering dikaitkan dengan front dingin. Padang pasir Australia Tengah, terutama di dekat Alice Springs, sangat rentan terhadap haboobs, dengan pasir dan puing-puing mencapai beberapa kilometer ke langit dan meninggalkan sampai  satu kaki pasir di sepanjang lintasannya.

Phoenix, Arizona, 2012

Daerah kering dan semi kering di Amerika Utara mengalami haboobs. Mekipun Haboob adalah istilah yang tidak umum digunakan di daerah kering di Amerika Serikat di mana peristiwa ini terjadi. Di Amerika Utara istilah yang paling umum untuk peristiwa ini adalah badai debu atau badai pasir. Di AS, mereka sering terjadi di padang pasir Arizona, termasuk di sekitar kota-kota Yuma dan Phoenix dan di New Mexico dan Texas.

Phoenix, Arizona, 2011

Selama pembentukan badai, angin bergerak berlawanan arah dari perjalanan badai, dan mereka bergerak dari segala arah ke dalam badai tersebut. Ketika badai runtuh (kolaps) dan mulai melepaskan curah hujan, angin berbalik arah, berhembus keluar dari badai dan umumnya yang terkuat adalah yang searah dengan perjalanan badai. Saat downdraft atau downburst ini mencapai tanah, dia berhembus kering, membuat debu, pasir dan tanah (secara kolektif disebut debu) naik dari padang pasir, menciptakan dinding sedimen yang mendahului awan badai.

Indian Ocean near Onslow, Australia, 2013

Dinding debu ini bisa mencapai 100 km (62 mil) lebarnya dan beberapa kilometer tingginya. Pada fase terkuatnya, angin haboob sering melakukan perjalanan dengan kecepatan 35-100 km per jam, dan mereka mungkin mendekat dengan sedikit atau tanpa peringatan sama sekali.

Phoenix, Arizona, 2012

Mungkin haboob inilah yang memporak-porandakan pasukan sekutu Quraisy sehingga mereka tercerai berai dan pengepungan Madinah pada perang parit pun berakhir. Haboob juga menghancurkan misi penyelamatan sandera amerikayang ditawan di Teheran oleh tentara amerika yang terkenal modern dan hebat itu ...

Khartoum, Sudan, 2007

Broken Hill, New South Wales, Australia, 2010

Beberapa gambar dari badai debu spektakuler atas Onslow pada 11 Januari 2013

Perbandingan dari dua badai debu besar di Australia - Onslow, 11 Januari 2013 (kiri) dan Fregon Community, 8 Februari 2009 (kanan)

Khartoum, Sudan

Al Asad, Iraq, 2005

Al Asad, Iraq, 2007

Phoenix, Arizona, 2012

Phoenix, Arizona, 2011

Gulungan Badai Debu Haboob di bandara Phoenix Sky Harbor, Juli 2012

Phoenix Arizona Juli 2011

0 komentar: