Thursday, January 24, 2013

Cara Atasi Sifat Pemalu

Cara Atasi Sifat Pemalu – bagaiana cara mengatasi sifat pemalu pada anak? Sick smile Rasa malu sebenarnya adalah mekanisme perlindungan diri dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Biasanya orang pemalu cenderung menjaga respons dan tindakan di awal pertemuan sampai ia merasa nyaman dengan lingkungannya. Padahal, rasa malu berlebihan bisa menghambat Anda dalam meraih banyak peluang lho.

Rasa malu sebenarnya bukanlah bawaan lahir, apalagi pengaruh genetik. Maka dengan beberapa latihan Anda bisa mengubah sifat ini menjadi lebih terbuka kepada orang lain. Psikolog Albert Ellis mengungkapkan, ada strategi yang bisa dilakukan untuk bisa mengubah sifat pemalu ini. Strateginya adalah dengan mendorong diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat diri merasa tak nyaman menjadi senyaman mungkin.
Berikut beberapa "latihan" yang bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda tak lagi jadi seorang pemalu.
1. Ajak orang lain ngobrol
Agar rasa malu berlebihan ini hilang, cobalah latihan ini di ruang makan, toilet, kantor, bus kota, atau taman. Duduklah di tempat yang cukup ramai, di mana banyak orang lalu lalang, kemudian cobalah untuk memulai percakapan ringan dengan mereka. Misalnya tentang hujan yang terus turun belakangan ini, kemacetan, atau tentang lingkungan sekitar. Semakin banyak orang yang Anda ajak bicara, semakin nyaman Anda berada di tempat tersebut.
Amati bahasa tubuh, postur, kontak mata, dan gerakan tangan yang Anda lakukan sepanjang percakapan ini. Usahakan untuk tidak terlalu kaku, dingin, atau sering menatap tanah dan langit. Gerakan tubuh ini akan membuat lawan bicara Anda tidak nyaman dan enggan ngobrol lagi dengan Anda.
2. Punya penasihat khayalan
Teknik lain yang bisa mengatasi rasa malu adalah dengan berpura-pura punya penasihat sendiri yang lebih kuat dari Anda. Walaupun sebenarnya penasihat khayalan ini adalah cerminan kepribadian Anda yang lebih kuat. Penasihat khayalan ini berfungsi untuk menegur dan memotivasi Anda ketika rasa malu Anda muncul. Setelah menemukan kenyamanan, Anda tidak lagi membutuhkannya untuk berinteraksi dengan orang lain.
3. Berlatih di cermin
Ketika bergabung atau masuk ke dalam lingkungan dan kondisi baru, sifat pemalu Anda biasanya akan muncul lebih kuat dibandingkan biasanya. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, Anda bisa melatihnya di depan cermin. Tidak cuma melatih gaya bicara, atau penampilan saja, tapi juga gerak dan bahasa tubuh agar bisa melangkah dengan penuh percaya diri.
Jika kurang membantu, Anda bisa berimajinasi menjadi seorang selebriti yang akan masuk ke dalam ruangan yang penuh dengan fans fanatik Anda. Kemudian, bukalah pintu, berdiri tegak dan berjalanlah menuju cermin besar di kamar Anda. Tatap dalam-dalam wajah Anda di cermin dan tersenyumlah. Ulangi hal ini minimal lima kali sehari dan jadikan hal ini sebagai rutinitas. Sehingga saat Anda merasa malu yang berlebihan, cara ini bisa membantu meningkatkan keberanian Anda.

Cara lain ketika memasuki ruangan yang penuh dengan orang yang tidak Anda kenal adalah, melangkah masuk seolah-olah Anda akan menemui seseorang. Dengan demikian, Anda tidak akan terlihat celingak-celinguk yang hanya menegaskan kesendirian Anda.

0 komentar: